semua pasti bisa

Data Rate Control Pada Jaringan CDMA

01/11/2009 15:09

Internet merupakan teknologi yang semakin berkembang dan mulai luas penggunaannya untuk aplikasi teknologi multimedia. CDMA 2000 1xEvDO merupakan jaringan wireless yang mengkhususkan pada layanan data. Pengiriman data multimedia sangat rentan ketika melalui jaringan wireless. Oleh karena itu sangat diperlukan sistem kontrol datarate yang dapat mengontrol datarate sesuai dengan kondisi kanal dalam pengriman data multimedia. Pada penelitian ini, disimulasikan dan dianalisa salah satu sistem kontrol datarate yaitu open loop rate control.

 

Sistem open loop rate control diawali dari proses pengiriman pilot oleh AN (Access Network) lalu SNR pilot diestimasi oleh AT (Access Terminal) dan AT melakukan prediksi SNR pilot. Dari hasil prediksi, AT menentukan DRCIndex lalu mengirimkan sinyal DRC ke AN. Selanjutnya AN akan mengirimkan sinyal trafik sesuai datarate yang diminta (diketahui dari sinyal DRC). Teknik estimasi SNR yang digunakan adalah PSAM (Pilot Symbol Assisted Modulation). Prediksi dilakukan dengan menggunakan LPC (Linear Prediction Code). Pengiriman trafik menggunakan skema modulasi adaptif (QPSK, 8-PSK, 16-QAM), dan Convolutional Encoder dengan Coderate 1/3, 2/3 dan 1/5. Terdapat 12 kombinasi sistem pengiriman trafik yang dipilih sesuai dengan datarate yang diminta.

 

Setelah trafik diterima, AT mengukur throughput-nya. Sebelumnya perlu diketahui bahwa sistem open loop rate control merupakan salah satu teknik adaptasi link untuk dapat lebih mengefisienkan penggunaan spektrum. Dari simulasi diperoleh hasil bahwa ketika sistem open loop rate control diterapkan, terdapat perbedaan daya yang dibutuhkan sebesar 5.8 dB lebih kecil untuk mencapai throughput 1.2 Mbps pada kecepatan 3 Km/Jam.

 

© 2009 All rights reserved.

Make a website for freeWebnode