semua pasti bisa

Samsung Qorby Txt, Pesaing BlackBerry yang Murah

02/11/2009 19:39

 

Sabtu, 24 Oktober 2009 | 10:02 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta - Demam terhadap BlackBerry membuat banyak produsen ponsel berlomba-lomba meluncurkan produknya dengan model yang sama. Model ponsel ber-keypad QWERTY semakin menjamur, apalagi yang dibuat oleh vendor lokal dan Cina.
Samsung pun ikut keramaian itu, meski bukan produk pertama mereka. Baru-baru ini, perusahaan itu meluncurkan Qorby Txt. Dari namanya diketahui bahwa ponsel ini mengutamakan fitur pesan instan dan pendek (SMS).
Tersedia tombol pintasan keypad, yang bergambar amplop, yang mempercepat langkah membuka pesan. Dari segi tampilan, ponsel ini cukup menarik, terkesan ramping dan ringan. Layar TFT-LCD-nya berukuran 2,2 inci QVGA.
Namun, tombol keypad QWERTY pada ponsel ini sangat rapat dan cukup kecil bagi pemilik jari-jari yang besar. Tombol yang menonjol kadang-kadang licin dan membuat jari terpeleset.
Penempatan tombol numeriknya agak ke tengah keypad. Ini memerlukan adaptasi bagi mereka yang kerap memakai keypad numerik yang condong ke sisi kiri pengguna.
Desain Qorby terasa unik dan bergaya. Ia memakai kontur pop-style dan kurva. Tak ada ujung tajam di semua sudut ponsel ini.
Ponsel ini diproduksi dalam beberapa warna cerah, seperti kuning, putih, oranye, dan merah muda, di bagian belakang. Setiap Qorby dilengkapi dua penutup belakang atau fashion jacket. Mereka mendesainnya dengan motif unik dan penutup warna hitam.
Dari segi warna dan desain, dengan mudah dapat diketahui bahwa segmen ponsel ini adalah pengguna remaja usia 20 tahunan. Tengok juga antarmukanya. Lengkap dengan menu-menu kartun.
Untuk navigasi menu, Samsung mendesainnya dengan trackpad. Ia juga dilengkapi dengan virtual pointer di menu Setting Browser.
Ada pula widget sebagai pintasan ke berkas-berkas musik. Pemutar audionya mendukung format MP3, AAC, AAC+, dan WMA. Selain itu, tersedia radio FM dengan RDS. Ia mampu pula merekam suara.
Untuk mereka yang gemar berfoto atau merekam gambar, ponsel ini memiliki kamera CMOS 2 megapiksel, yang mampu menampilkan gambar cukup jernih. Kamera ini bisa merekam video dengan format H263, MPEG4, dan WMV. Foto atau video bisa diunggah melalui ponsel ini.
Gegap-gempita jejaring sosial, seperti Facebook, pun ditampung oleh Samsung pada Corby Txt. Pengguna pun bisa memperbarui status dan live feed Facebook, MySpace, dan Twitter melalui pemberitahuan pop-up SNS (social networking service). Tersedia pula link ke YouTube, Flickr, Friendster, Picasa, dan Photobucket.
Corby Txt dilengkapi fitur One Finger Zoom, Smart Unlock, dan kamus. Jaringan ponsel ini memakai GPRS/EDGE untuk mentransfer data dan quad-band 850/900/1800/1900 MHz untuk komunikasi suaranya.

Memori internalnya memang minimal, hanya 50 megabita. Untungnya, ia mendukung kartu memori tambahan microSD hingga 8 gigabita.
Baterai yang dipasang berkapasitas 800 mAh. Untuk pemakaian berat, seperti melakukan panggilan telepon yang cukup sering, memotret, atau merekam video dan memutarnya, mendengarkan musik, dan mengirim pesan, baterainya agak boros, tak sampai dua hari. Tapi, untuk pemakaian ringan, ia bisa bertahan selama tiga hari.
Samsung berencana mem-bundle ponsel ini dengan Telkomsel. Harganya sekitar Rp 1,5 juta,

© 2009 All rights reserved.

Make a website for freeWebnode