semua pasti bisa

Tujuh yang Baru dari Windows 7

02/11/2009 19:41

Sabtu, 24 Oktober 2009 | 08:22 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta - Angka tujuh punya makna tersendiri bagi petinggi Microsoft Indonesia. "Kami akan meluncurkan Windows 7 di tujuh kota dan tujuh mal," kata Lucas Tjahja Prawira, Director Small and MidMarket Solutions & Partners Group, Kamis lalu. Di Singapura, produk anyar Microsoft ini meluncur pada Kamis dinihari lalu waktu setempat.
Menurut Lucas, Windows 7 dan Windows Server 2008 R2 memberikan efisiensi dan tingkat keamanan yang lebih tinggi. Terlebih, katanya, bagi pengguna bisnis yang mobile. Salah satunya teknologi Direct Access, yang dapat mengeliminasi virtual private network, sehingga para pengguna komputer bisa mengakses situs-situs intranet secara aman tanpa mengorbankan bandwidth.
Lalu teknologi Crand Cache, yang mengoptimalkan penggunaan bandwidth sehingga file yang sudah ditarik oleh local area network dapat disimpan. Selain itu, dapat digunakan klien lain di kantor cabang tanpa semua komputer mengakses server pusat. Windows 7 juga melanjutkan teknologi keamanan yang ada di Windows Vista, yaitu Bitlocker.
Tak hanya itu, Windows 7 mampu bekerja baik dengan spesifikasi personal computer seharga Rp 3 jutaan hingga kelas mahal. Sejak tahun lalu, Lucas Prawira menggunakan Windows 7 versi uji coba. "Tidak pernah hang," katanya kepada wartawan dalam acara Metrodata Solutions Day 2009 di Jakarta, Kamis lalu. Berikut ini tujuh fitur menonjol Windows 7.
1) Aero Peek
Ini pembaruan dari fitur Aero di Vista. Jika pengguna memiliki banyak window yang sedang terbuka, Peek akan menonjolkan sesuai dengan keinginannya, sedangkan window lain jadi transparan.
2) Sharing with HomeGroup
Fungsi fitur ini menghubungkan komputer berbasis windows 7 ke network di rumah untuk berbagi gambar, musik, video, dokumen, dan printer. Untuk memasang HomeGroup, pengguna harus mempunyai file, folder, atau device yang ingin dibagi, dan kemudian buat password. Tujuannya agar pengguna yang memiliki password-lah yang bisa bergabung di HomeGroup.
3) Media Streaming Options
Fitur ini membolehkan pengguna membatasi komputer apa saja yang mengakses file-nya dengan memilih "more streaming options" dari menu Windows Media Player.
4) Play To dan Aero Snap
Fitur Play To dapat digunakan untuk mengirim media file ke komputer atau peralatan di network. Misalnya mengirim klip video ke TV atau mengirim musik ke laptop yang terhubung dengan speaker. Sementara itu, fitur Aero Snap memperbolehkan pengguna membuka dua window bersampingan dan menarik window ke tepian layar.
5) Jump Lists dan Libraries
Jump Lists menyediakan sebuah akses cepat kepada pengguna dengan Start Menu mini yang berisi daftar foto, musik, dokumen, atau link. Windows 7 membedakan Library dari jenis file seperti kontak, dokumen, download, musik, foto, dan video. Setiap Library mendapat sentuhan seni sesuai dengan jenis file dan dapat di-share dengan pengguna lain di rumah dengan HomeGroup.
6) Taskbar Peek
Fitur ini mirip Aero Peek untuk thumbnail taskbar. Jika tetikus melewati aplikasi di taskbar Windows 7, thumbnail akan terbuka sesuai dengan aplikasi yang dilewatinya. Jika dalam Windows taskbar ada tiga program (dokumen Word, browser, dan IM) yang sedang berjalan dan tetikus melewati thumbnail, setiap aplikasi yang dilewati akan terlihat dan lainnya jadi transparan.


7) Windows Media Player Taskbar Controls
Pengguna hanya perlu melewati ikon aplikasi Windows Media Player di taskbar, maka thumbnail lengkap dengan pilihan mengontrol dan memainkan lagu akan tampil.

© 2009 All rights reserved.

Make a website for freeWebnode